Resep Nasi Uduk Spesial Gurih Mudah

Tags
Aneka macam olahan nasi yang ada di Tanah Air kita sangatlah banyak, salah satunya adalah nasi uduk. Resep nasi uduk spesial mungkin bisa menjadi jawaban bagi Anda yang kali ini menginginkan nasi uduk namun belum tahu cara membuatnya. Memang hasil olahan nasi yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat karena rasa gurihnya benar - benar menggoda.

Nasi uduk gurih banyak diminati karena bisa disantap bersama dengan lauk pelengkapnya seperti ayam goreng berbumbu, ayam panggang saos tomat, tahu goreng, tempe goreng dan lainnya. Nasi uduk tidak hanya nikmat disantap di waktu malam tapi nikmat juga disantap di segala waktu baik pagi, siang maupun malam. Dengan tambahan lauk yang pas membuat nasi ini benar - benar membuat lidah ketagihan.

Jika Anda ingin menikmati nasi uduk namun belum tahu secara jelas resep dan cara membuatnya bagaimana silakan simak tulisan kami dalam artikel ini sampai selesai.
Resep Nasi Uduk Spesial


Resep Nasi Uduk Spesial


Sebelumnya silakan Anda persiapkan terlebih dahulu segala macam bahan yang diperlukan untuk membuat nasi uduk. Apa saja bahan - bahannya ? Inilah bahan yang diperlukan dalam pembuatan nasi uduk

Bahan Nasi Uduk


➧150 gram beras kualitas bagus
➧200 ml santan kental

Bumbu Nasi Uduk


➧Daun salam 1 lembar
➧Sere 1 batang ukuran sedang
➧Cengkih 1 biji
➧Kayu manis ukuran 1 cm
➧Garam, merica dan pala bubuk secukupnya

Cara Membuat Nasi Uduk Spesial


Untuk mendapatkan hasil nasi uduk yang gurih dan mantap silakan terapkan resep nasi uduk spesial yang kami tulis ini. Setelah semua bahan dan bumbu lengkap, tiba saatnya Anda buat nasi uduk dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut :

Beras dipususi / dicuci dengan menggunakan air bersih lalu tiriskan
Setelah itu kukus beras dalam waktu sekitar setengah jam hingga menjadi aron
Pada saat beras dikukus, silakan Anda mendidihkan santan yang telah dicampur dengan bumbu nasi uduk yang telah disiapkan tadi, setelah mendidih silakan disaring
Setelah 30 menit berjalan, beras dicampur dengan santan yang telah dididihkan tadi hingga benar - benar tercampur rata
Setelah itu beras dikukus lagi hingga menjadi nasi lunak yang siap disantap
Angkat lalu sajikan dengan lauk pelengkap

Bahan Pelengkap Nasi Uduk


➠Telur dadar
➠Daging ayam
➠Tempe dan tahu goreng
➠Kerupuk
➠Sambal (bagi yang suka pedas)

Untuk menghasilkan hasil olahan nasi uduk yang benar - benar gurih Anda harus memperhatikan kualitas santan yang digunakan. Disarankan untuk menggunkan santan kelapa yang kental agar rasa gurihnya sempurna. Selain itu dalam mencampur santan ke nasi aron harus dilakukan sampai benar - benar rata.

Resep nasi uduk spesial yang kami tulis di atas akan membuahkan hasil yang maksimal jika dalam prakteknya dilakukan dengan baik. Setelah nasi uduk matang, silakan dihidangkan dengan bahan pelengkap yang kami tulis di atas atau dengan bahan pelengkap lain sesuai dengan selera.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Komentar dengan link hidup secara otomatis akan dimatikan